INI MOMEN TERBESAR SEJAGAT TWITTER SEPANJANG 2012

INI  MOMEN TERBESAR SEJAGAT TWITTER SEPANJANG 2012TEMPO.CO, San Fransisco – Tahun 2012 sebentar lagi berakhir. Layaknya tradisi di tahun-tahun sebelumnya, berbagai situs teknologi mengeluarkan kaleidoskop tahun 2012, termasuk jejaring sosial Twitter.

 

Dikutip dari laman yang diluncurkannya, 2012.twitter.com, jejaring sosial ini membagi laporannya dalam lima bagian, yaitu Golden Tweets, Pulse of The Planet, Only on Twitter, Trends, dan New Voices.

 

Bagian Golden Tweets menunjukkan kicauan paling populer sepanjang tahun ini. Posisi pertama ditempati kicauan “Four More Years” dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama setelah memastikan diri kembali menduduki jabatan tertinggi di Gedung Putih. Cuitan ini berhasil menarik 810 ribu retweet dan 300 ribu bintang alias favorit dari pengguna Twitter.

 

Justin Bieber berada di posisi kedua dengan kicauan ‘RIP Avalana. i love you’, yang merupakan ucapan selamat tinggal kepada Avalanna Routh, penggemarnya yang meninggal karena kanker otak saat berumur enam tahun. Postingan ini disambut dengan 220 ribu retweet dan 100 ribu bintang dari para Beliebers, atau penggemar Justin.

 

Di bagian Pulse of Planet, Twitter menampilkan peristiwa yang berhasil menarik penggunanya untuk bersuara. Yang pertama adalah Olimpiade London yang berhasil mengumpulkan 150 juta kicauan, terutama saat upacara penutupan, di mana kecepatan postingan mencapai lebih dari 116,000 kicaaun per menit. Pertandingan yang paling banyak menyedot kicauan publik, dengan kecepatan 80 ribu postingan per menit, adalah ketika pelari Jamaica Usain Bolt memenangi lomba lari 200 meter.

 

Di tempat kedua adalah proses pemilihan Presiden Amerika Serikat. Debat pertama berhasil menarik 10 juta kicauan, sementara pada hari pemilu terdapat 31 juta kicauan yang dikirim. Sementara itu sepanjang 27 Oktober hingga 1 November, terdapat 20 juta lebih kicauan mengenai dampak badai Sandy.

 

Pada bagian Only on Twitter, disebutkan beberapa peristiwa yang hanya terjadi di jejaring sosial ini. Yang pertama adalah misi penjelajahan Curiosity di Mars di-update langsung oleh tim dari ruang kendali dengan menggunakan akun @NASAJPL. Masih dari luar angkasa, pada 30 Oktober lalu International Space Station (ISS) juga mengirimkan gambar pusaran badai Sandy dari luar angkasa. Tidak hanya dari langit, kicauan pun dikirim dari dasar laut. Sutradara kawakan James Cameron, pada Maret lalu berhasil menjadi orang pertama yang mengirim kicauan dari Palung Mariana di Laut Pasifik, yang memiliki kedalaman lebih dari 35 ribu kaki.

 

Sementara di bagian Trend, Twitter menunjukkan topik yang populer sepanjang tahun ini. Topik #nowplaying, untuk berbagi musik yang tengah didengar pengguna Twitter, tetap menjadi yang terpopuler. Untuk kategori film, Think Like a Man berada di tempat pertama dan Hunger Games berada di tempat kedua. Pada kategori teknologi, operator telekomunikasi AT&T berada di posisi satu, diikuti iPhone dan Instagram di posisi kedua dan ketiga.

 

Sementara itu di bagian terakhir, yaitu New Voices, Twitter memperlihatkan pesohor yang baru tahun ini membuat akun resmi. Beberapa di antaranya adalah Patrick Stewart, Jessica Biel, Gwen Stefany, Psy, Adele, Paus Benedict XVI, dan Pele.

 

Selain laporan ini, Twitter juga mengajak pengguna untuk mengecek perjalanannya selama tahun ini di Twitter dengan menggunakan aplikasi Vizivy. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melihat kicauan apa yang paling populer, follower yang paling banyak mengirimkan mention, maupun kata yang paling sering digunakan dalam kicauan di tahun ini.

 

REPOST: http://id.berita.yahoo.com/ini-momen-terbesar-di-jagad-twitter-sepanjang-2012-123616129.html;_ylt=ApRvB.0YlyTCZpsAI80rc.ScV8d_;_ylu=X3oDMTRsaWdpZDNiBG1pdAN0ZWtub2xvZ2lTRiBUb3BTdG9yaWVzTGlzdCBNRARwa2cDNzUxMmE4NTYtMTQ1Ni0zMzE4LTg5NDctYjJlMjBhZTQ2MTQyBHBvcwM3BHNlYwNNZWRpYUJMaXN0TWl4ZWRMUENBVGVtcAR2ZXIDNTllNmQ5MzEtNDQ1Yi0xMWUyLWJiMWEtMTdkYjM2OGM4MjIw;_ylg=X3oDMTFuMDM2OWVmBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdAN0ZWtub2xvZ2kEcHQDc2VjdGlvbnM-;_ylv=3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s