MICROSOFT PREDIKSIKAN TREN ENTERPRISE SOCIAL

TEMPO.COJakarta – Manajemen Microsoft memprediksikan gejala enterprise sosial bakal menjamur di kalangan pebisnis di Tanah Air. Alexander Oddoz-Mazet, Direktur Microsoft Office Division, mengatakan gejala ini bukanlah merujuk kepada perangkat kerja baru melainkan cara kerja di sebuah perusahaan.

“Ini akan meningkatkan keterlibatan sesama karyawan dalam bekerja sehingga bakal membuat mereka lebih betah dan produktif,” kata dia dalam acara temu bicara dengan media di Jakarta kemarin.

Alexander merujuk kepada sejumlah produk andalan Microsoft, yang menurutnya bisa meningkatkan kerja sama antarkaryawan dan memperlancar komunikasi. Dia menyebutkan Yammer, sebuah jejaring sosial untuk perusahaan, yang baru saja diakuisisi perusahaan. “Ini ada versi gratis di internet,” kata dia.

Yammer memiliki tampilan yang mirip sekali dengan jejaring sosial untuk individu, yaitu Facebook. Di sini, para karyawan dari sebuah perusahaan bisa terdaftar sebagai anggota dan diikuti anggota lainnya. Informasi yang diposting pada status masing-masing orang akan bisa dibaca oleh sesama karyawan lainnya.

“Sehingga mereka bisa saling bantu,” kata warga negara Prancis, yang telah bekerja selama sembilan tahun di perusahaan yang didirikan Bill Gates pada 1975 ini.

Dia juga menyebutkan sejumlah produk lainnya yang berbasis cloud dan memiliki fitur sosial sehingga memudahkan kegiatan sharing diantara karyawan, seperti: Office 2013, Visio 2013, Project 2013, Office 365, SharePoint 2013, Lync 2013, Exchange 2013, dan Skype.

Menurut Mortensen, direktur Emerging Technology Research dari IDC, sebuah perusahaan survei, mengatakan kebutuhan akan layanan sosial untuk perusahaan bakal berkembang. “Namun saat ini memang sebagian kalangan IT di perusahaan masih enggan.”

REPOST: http://www.tempo.co/read/news/2012/11/21/072443222/Microsoft-Prediksikan-Tren-Enterprise-Social

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s