TIPS MELINDUNGI SMARTPHONE DR SERNGAN HACKER

Kemampuan sebuah ponsel pintar dengan beragam aplikasi seringkali digunakan untuk menyimpan berbagai data. Termasuk berbagai PIN yang berkaitan dengan account pribadi. Nah…data penting itulah yang menjadi incaran para hacker dengan melancarkan berbagai cara untuk mendapatkan data yang tersimpan dalam ponsel pintar Anda. Melindungi ponsel dengan berbagai aplikasi memang menjadi alternatif untuk menghindari serangan hacker, tetapi yang canggih punya 5 cara mudah sebagai tindakan preventif yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Berfikir dua kali pada ‘unknown’.
Jangan asal menjawab panggilan atau sms dari nomor ‘unknown’. Karena teknologi semakin canggih, penyadapan bisa saja dilakukan ketika Anda menjawab panggilan tersebut. Cara yang paling tepat adalah tidak menghiraukan panggilan atau pesan masuk dari ‘tidak ada nomor’. Kalau memang teman, saudara atau kolega bisnis kan tidak mungkin menyembunyikan nomornya.

2. Biasakan selalu ‘log out’.
‘Log Out’ mungkin menjadi kebiasaan sulit. Dengan anggapan hanya Anda yang menggunakan ponsel. Tetapi log out ternyata sangat diperlukan. Biasakan untuk selalu log out setelah menggunakan aplikasi atau situs yang membutuhkan username dan password, sebagai antisipasi jika ponsel Anda berpindah tangan.

3. Hati hati menginstall aplikasi.
Jangan asal mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Biasakan untuk mendownload dari sumber terpercaya, misalkan OVI Store untuk pengguna ponsel Symbian, Blackberry Appworld untuk pengguna Blackberry, iTunes untuk iOS, Google Market untuk Android dan Windows Marketplace untu Windows Phone.

4. Main ‘Bersih.
Jangan membiarkan aplikasi yang tidak terpakai bersemayam terus di ponsel Anda. Karena ada tipe aplikasi yang bisa memonitor dan mengakses secara diam diam data yang tersimpan dalam ponsel. Termasuk daftar phonebook. Jadi jangan menyimpan aplikasi yang tidak digunakan, lagi pula…sayang memori, mending digunakan untuk aplikasi lain yang berguna.

5. Waspada penggunaan Bluetooth.
Penggunaan Bluetooth menjadi cara mudah untuk mengakses data di ponsel Anda. Jadi seminimal mungkin menggunakan Bluetooth ya. Atau jika ingin aman, setting pin untuk akses Bluetooth ke ponsel Anda.

Jangan biarkan para hacket merajalela ya. Ingat kejahatan ada karna ada kesempatan. Jadiii, jangan ciptakan kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s