RAPAT TERTUTUP, DPR DAN EKS-PENYIDIK SUSUN SKENARIO PELEMAHAN KPK?

Jakarta – Kecaman terhadap pertemuan antara Komisi III DPR dan 14 mantan penyidik KPK di Polri terus bergulir. Kali ini, datang dari peneliti Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) Jamil Mubarok yang menilai ada skenario pelemahan KPK di balik rapat tersebut.

“Saya menduga pertemuan itu dalam rangka menyusun skenario untuk KPK hanya tinggal nama saja di republik ini,” kata Jamil saat berbincang, Jumat (23/11/2012).

Bahkan, Jamil memperkirakan ada kesepakatan jahat terkait masalah korupsi di Indonesia. Pertemuan itu sangat berbahaya bagi upaya pemberantasan korupsi.

“Sebagian besar kunci rahasia KPK dalam penindakan ada di para eks penyidik itu,” tegasnya.

Menurut Jamil, bila tabir rahasia penyidikan di KPK terbuka, maka bisa saja dimanfaatkan oleh oknum di DPR untuk menghadang KPK. Terlebih lagi, DPR memiliki sejumlah kewenangan yang bisa disalahgunakan.

“Sangat tidak pantas, itu perbuatan tercela, itu adalah konsolidasi hitam. Penyidik ya secara etika harus menjaga. Karena itu rahasia negara. Membuka rahasia negara itu sama saja berbuat khianat terhadap negara,” kecamnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR menggelar pertemuan tertutup dengan 14 mantan penyidik KPK. Dari sejumlah anggota DPR diketahui, pertemuan itu untuk mengorek jeroan KPK, mulai dari urusan penyadapan sampai stigma negatif terhadap pimpinan KPK.

(mad/mad)

 

REPOST: http://news.detik.com/read/2012/11/23/062540/2098981/10/rapat-tertutup-dpr-dan-eks-penyidik-susun-skenario-pelemahan-kpk?9922022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s