KOMINFO SAMBUT KEMENANGAN KASASI TELKOMSEL

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambut gembira dikabulkannya kasasi Telkomsel oleh Mahkamah Agung. Alhasil, putusan ini menganulir putusan pailit sebelumnya dari Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap operator seluler terbesar di Indonesia itu.

Gatot S. Dewa Broto, Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo mengatakan, sejak awal kasus yang melibatkan Telkomsel versus PT Prima Jaya Informatika itu muncul, pihaknya memang harus tetap independen dan netral.

“Namun tentu kami mengharapkan jangan sampai Telkomsel kena pailit. Masak operator dengan pengguna lebih dari 121 juta pelanggan dan kepemilikan asing di dalamnya paling kecil dibandingkan operator lain, itu harus dipailitkan,” lanjutnya.

Terlebih, jika alasannya adalah gagal membayar kewajiban. Toh selama ini, Telkomsel terbilang lancar untuk membayar di PNBP (pendapatan Negara Bukan Pajak) yang terlibat dengan Kementerian Kominfo.

“Besarannya pun dominan, jika dihitung dari PNBP tahun 2011 yang sekitar Rp 12 triliun, maka hampir 60% di antaranya itu datang dari Telkomsel,” jelas Gatot.

“Tapi di sini bukan masalah uangnya, tetapi sejauh ini sudah terbukti kewajiban mereka pada negara sudah terpenuhi,” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam perkara kasasi bernomor 704 K/Pdt.Sus/2012 antara Telkomsel melawan PT Prima Jaya Informatika, operator seluler itu dikabulkan kasasinya.

“Mengadili sendiri, mengabulkan kasasi,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur kepada wartawan, Kamis (22/11/2012).

Majelis hakim diputus oleh Abdul Kadir Mappong, Suwardi dan Sultoni. “Diputus Rabu, 21 November 2012,” imbuh Ridwan.

Kasus ini sendiri bermula ketika Telkomsel dituding secara sepihak membekukan kontrak kartu voucher Prima yang didistribusikan oleh PT Prima dengan nilai kerja sama Rp 200 miliar.

Di tengah jalan, perjanjian ini bermasalah dan PT Prima mengajukan permohonan pailit ke PN Jakpus dan dikabulkan. Tidak terima, Telkomsel mengajukan perlawanan kasasi dan dikabulkan MA.

REPOST: http://inet.detik.com/?9922022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s