INTERNET TERBLOKIR KARENA ANTIVIRUS

Jakarta – Laptop saya telah dipasang antivirus, namun saat membuka internet ada beberapa web yang terblokir oleh antivirus tersebut. Mengapa bisa demikian?

Jawaban [Vaksincom] :

Jika program antivirus memblokir file yang ingin Anda upload ke server hosting. Ada 2 kemungkinan :

1. File tersebut memang mengandung malware. Jika memang file yang ingin Anda unggah (upload) mengandung malware sebaiknya jangan diunggah karena jika file berpotensi merugikan pengunjung situs Anda. Selain itu, pada umumnya situs hosting dan peramban (browser) pada umumnya sudah memiliki fitur blokir terhadap program jahat sehingga akan mengakibatkan blokir terhadap situs Anda dan situs itu akan masuk ke dalam daftar situs jahat/di-blacklist.

2. File tersebut tidak mengandung malware tetapi kemungkinan mengandung string yang dianggap malware oleh program antivirus. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu mengirimkan file yang diblokir oleh antivirus ke analis virus dari vendor antivirus untuk dilakukan perbaikan atas kesalahan deteksi tersebut. Untuk Norman dan Gdata silahkan kirim ke virus@vaksin.com.

Jika karena satu alasan tertentu anda tetap ingin menjalankan satu file yang mati-matian mau dibabat oleh antivirus tetapi Anda mati-matian mempertahankan file tersebut dan bersedia menanggung apapun akibatnya atau ada alasan teknis lain sehingga anda perlu menjalankan file / database tersebut.

Best practice pada server database/mail server direktori yang berisi database penyimpanan data atau email dikecualikan dari pengawasan program antivirus karena kalau tidak akan menyebabkan kelambatan pada program database / email karena program antivirus akan memblok akses klien ke database tersebut.

Anda dapat memerintahkan exclude/pengecualian sehingga program antivirus tidak melakukan scanning pada suatu file/direktori. Cari menu ‘exclude’ atau ‘exceptions’ dan pilih direktori/file yang ingin Anda kecualikan.

Pada GData Antvirus menunya terletak di [Antivirus][Monitor][Exceptions] lalu klik [New] dan masukkan direktori atau file yang ingin Anda kecualikan.

REPOST: http://inet.detik.com/read/2012/10/30/100324/2075890/1440/internet-terblokir-karena-antivirus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s