PENDAFTARAN HAK CIPTA SOFTWARE

PERTANYAAN:

Saya ingin mendaftarkan Hak Cipta software atas nama pribadi bukan badan hukum. 1. Apakah prosedurnya cukup sulit? Maksud saya apakah banyak oknum yang mempersulit seperti kebanyakan mengurus perijinan di kantor pemerintah? 2. Berapa biaya dan Jangka waktu sampai memperoleh nomer Hak cipta jika diurus sendiri atau melalui jasa kantor hukum? 3. Pada dokumentasi program, yang perlu diberikan sampai sejauh mana. Misal: – Deskripsi software, – Diagram Alur (Flowchart) proses berjalan software – Program Jadi (Binary) software. Apakah perlu menyertakan kode program yang mentah (source code), mengingat bila hal tersebut disertakan, akan berbahaya, karena dapat dicontoh dan dibuat ulang dalam bentuk baru oleh orang lain sehingga mereka bisa meng-klaim bahwa software tersebut adalah miliknya. Terima Kasih

 

JAWABAN:

Wah, wah pertanyaannya banyak ya.  Baiklah kita jawab satu persatu agar lebih jelas:

 

1.      Prosedurnya tidak begitu sulit.  Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), badan yang berwenang memberikan pelayanan pendaftaran hak cipta sudah sangat kooperatif di tahun-tahun belakangan ini.  Silahkan Anda datang ke kantor Hak Cipta (Ditjen HKI) di Tangerang dan para petugas di loket akan dengan senang hati membantu Anda.

2.      Khusus untuk memperoleh hak cipta program komputer, biaya pendaftaran resmi dari Ditjen HKI sebesar Rp.150.000.  Untuk memakai jasa kantor hukum, harga resmi dari Ditjen HKI tetap sebesar Rp.150.000, tetapi harus ditambah biaya jasa hukumnya yang harganya bervariasi.  Tidak etis rasanya menyebutkan biaya jasa hukum yang diterapkan dalam praktek.  Anda dapat menghubungi kantor-kantor hukum yang melayani pendaftaran HKI ataupun klinik HKI yang ada untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget anda.

3.      Anda tidak perlu mengikut sertakan source program-nya, cukup deskripsi tentang program tersebut beserta fitur-fiturnya serta cara pengoperasian (manual) dari program konputer tersebut.  Untuk persyaratan lainnya anda dapat lihat di www.dgip.go.id.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s