JASA PELATIHAN CARA PENGOPERASIAN HARDWARE DAN SOFTWARE

PERTANYAAN:

Kepada Yth Saya mau bertanya: 1. Apakah membuka usaha di bidang jasa yang mengajarkan/melatih/mendidik bagaimana cara pengoperasian/penggunaan hardware atau software merek orang lain tanpa ijin dari pemilik hak paten atas produk tersebut diperbolehkan (apakah hal tersebut melanggar HAKI)? 2. Apakah materi/modul pelatihan yang dimiliki oleh training center resmi dari hardware/software tersebut merupakan bagian dari hak cipta dilindungi oleh hukum (dapatkah kita menggunakannya untuk pelatihan komersil yang akan kami adakan)? 3. Apakah menggunakan/menyertakan simbol merek dan atau tulisan atas merek hardware/software pada brosur/leaflet pelatihan (dalam rangka promosi) yang akan kami adakan tanpa ijin pemilik produk dapat dibenarkan? Terima kasih.

 

JAWABAN:

1.      Software (program komputer) merupakan bagian dari Ciptaan yang dilindungi dalam pasal 12 Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (“UU Hak Cipta”). Oleh karena itu, penggunaan program komputer haruslah seizin dari pemegang Hak Cipta. Definisi dari program komputer sendiri dalam pasal 1 angka 8 UU Hak Cipta adalah:

sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

Selanjutnya, pasal 15 huruf a UU Hak Cipta menyatakan bahwa penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta. Syaratnya, penggunaan ciptaan tersebut dengan mencantumkan sumbernya, dan penggunaan tersebut tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.

“Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

 

a)     penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.”

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan bahwa training center bukanlah lembaga pendidikan formal, sehingga tidak termasuk dalam kepentingan pendidikan yang diatur dalam UU Hak Cipta. Dengan demikian, jasa pelatihan penggunaan software yang demikian tetap harus mendapatkan izin dari pemegang hak cipta software tersebut.

Untuk pelatihan penggunaan software Microsoft misalnya, ada skema tertentu yang harus diikuti. Berdasarkan informasi yang diberikan Pusat Layanan Microsoft Indonesia dan Microsoft Regional Service Center, agar dapat memberikan pelatihan penggunaan software Microsoft maka training center yang bersangkutan harus telah menjadi Microsoft Certified Partners for Learning Solutions. Pihak training center juga wajib menandatangani perjanjian khusus mengenai kerahasiaan bahan pelatihan yang diberikan langsung dari Microsoft.

2.      Silahkan simak kembali jawaban poin 1 di atas, khususnya bagian yang menyatakan bahwa agar dapat memberikan pelatihan penggunaan software Microsoft maka training center yang bersangkutan harus telah menjadiMicrosoft Certified Partners for Learning Solutions. Pihak training centerjuga wajib menandatangani perjanjian khusus mengenai kerahasiaan bahan pelatihan yang diberikan langsung dari Microsoft

3.      Menurut pasal 90 Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, penggunaan simbol yang merupakan merek terdaftar, untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi atau diperdagangkan, tanpa seizin dari pemegang hak merek, merupakan tindak pidana. Oleh karena itu, Anda wajib mendapatkan izin dari pemegang merek tersebut sebelum menggunakan simbol yang merupakan merek terdaftar.

Demikian hemat kami. Semoga bermanfaat.

Dasar hukum:

1.      Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek

2.      Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s