UNDANG UNDANG ITE (mengakses Email orang tanpa izin)

PERTANYAAN:

Seseorang yang dengan sengaja membuka/mengakses e-mail milik orang lain tanpa dikehendaki oleh orang yang memiliki e-mail itu apa bisa dijerat dengan Undang-Undang ITE? Dan apakah e-mail itu termasuk dalam sistem elektronik sebagaimana dalam pasal 30 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE? Mohon Penjelasannya. Terima kasih.

JAWABAN:

Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) melarang setiap orang untuk mengakses komputer dan/atau sistem elektronik milik orang lain tanpa izin pemiliknya:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.”

Kemudian kita lihat pengertian sistem elektronik di UU ITE. Menurut pasal 1 ayat (5) UU ITE, sistem elektronik adalah:

“serangkaian perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan Informasi Elektronik.”

Jadi, berdasarkan UU ITE e-mail bisa dikategorikan sebagai Sistem Elektronik. Dengan demikian, perbuatan mengakses e-mail seseorang tanpa izin pemiliknya dapat dikategorikan melanggar pasal 30 ayat (1) UU ITE. Pelanggaran pasal 30 ayat (1) diancam dengan sanksi pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp600 juta (lihat pasal 46 ayat [1] UU ITE).

Demikian yang kami ketahui, semoga bermanfaat.

Dasar hukum:

Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

REPOST : http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4cca19aa0ce6f/undang-undang-ite-%28mengakses-e-mail-orang-lain-tanpa-izin%29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s